March 2014 Beri Komentar Bisnis Online
Umumnya hampir setiap pelaku bisnis toko online hanya fokus memikirkan bagaimana caranya bisa berjualan di media online. Padahal, sekarang ini persaingan di bisnis toko online sudah cukup sesak. Berbagai pelaku usaha mulai dari yang minim modal hingga para penguasa yang memiliki modal jutaan dolar, mulai melirik pasar online sebagai ladang bisnis yang cukup menggiurkan.
Tak heran bila kondisi ini membuat sebagian pemilik toko online harus gigit jari karena omzet penjualan online mereka mengalami penurunan cukup drastis akibat kalah strategi dengan pesaing lainnya yang ada di ranah maya. Alasannya tentu cukup jelas, apabila mereka tak bisa menjual produk dengan cara yang efektif maka performa bisnis toko online mereka tak bakal bisa bertahan menghadapi gempuran pasar.
Melihat fenomena tersebut, tentunya sebagai pebisnis online Anda tak mau jika nasib toko online Anda berada di ambang kebangkrutan. Karenanya, ketika penjualan online menurun tinggalkan cara promosi jadul dan susunlah cara baru agar konsumen yang menghampiri website toko online Anda.
Jika dulunya seorang penjual harus memasarkan produknya sampai titik darah penghabisan mulai dari aktivitas pemasaran door to door, bahkan sampai bisa dikatakan meneror calon konsumen via telepon untuk menawarkan produk atau jasa yang dimiliki, sekarang ini dengan adanya layanan internet seseorang yang ingin membeli sesuatu bisa mencari informasi melalui media online.
Perubahan inilah yang membuat cara promosi jadul ini tak lagi efektif untuk dijalankan para pemilik bisnis toko online. Sebagai pebisnis online Anda harus lebih jeli untuk bisa mendatangkan calon konsumen, salah satunya saja dengan cara berbagi informasi dan pengetahuan kepada para konsumen agar mereka tak segan-segan mampir ke website bisnis toko online Anda.
Dengan memberikan apa yang dibutuhkan konsumen, baik itu berupa informasi produk, pengetahuan seputar bisnis yang Anda jalankan, atau bahkan tips dan trik tertentu yang banyak dicari calon konsumen, secara tidak langsung Anda sedang membangun loyalitas pengunjung yang suatu saat nanti bakal tertarik melakukan pembelian secara rutin setelah mereka mempercayai kualitas bisnis toko online Anda.
Contohnya saja bila Anda membangun bisnis jilbab online, maka Anda bisa memberikan tutorial gratis mengenai cara menggunakan jilbab cantik tanpa meninggalkan unsur syar’i, berbagi tips dan trik dalam memilih jenis kain yang nyaman untuk jilbab, cara mewarat jilbab agar tetap nyaman digunakan, dan lain sebagainya.
Melalui konten-konten inspiratif yang Anda berikan kepada para pengunjung website, tidak menutup kemungkinan bila semakin lama kepercayaan mereka terhadap toko online Anda akan semakin meningkat sehingga mereka tak segan-segan untuk melakukan transaksi pembelian di situs Anda dan tidak menutup kemungkinan bila pada akhirnya mereka turut membantu mempromosikan bisnis toko online Anda kepada orang-orang di sekitarnya.
Umumnya hampir setiap pelaku bisnis toko online hanya fokus memikirkan bagaimana caranya bisa berjualan di media online. Padahal, sekarang ini persaingan di bisnis toko online sudah cukup sesak. Berbagai pelaku usaha mulai dari yang minim modal hingga para penguasa yang memiliki modal jutaan dolar, mulai melirik pasar online sebagai ladang bisnis yang cukup menggiurkan.
Tak heran bila kondisi ini membuat sebagian pemilik toko online harus gigit jari karena omzet penjualan online mereka mengalami penurunan cukup drastis akibat kalah strategi dengan pesaing lainnya yang ada di ranah maya. Alasannya tentu cukup jelas, apabila mereka tak bisa menjual produk dengan cara yang efektif maka performa bisnis toko online mereka tak bakal bisa bertahan menghadapi gempuran pasar.
Melihat fenomena tersebut, tentunya sebagai pebisnis online Anda tak mau jika nasib toko online Anda berada di ambang kebangkrutan. Karenanya, ketika penjualan online menurun tinggalkan cara promosi jadul dan susunlah cara baru agar konsumen yang menghampiri website toko online Anda.
Jika dulunya seorang penjual harus memasarkan produknya sampai titik darah penghabisan mulai dari aktivitas pemasaran door to door, bahkan sampai bisa dikatakan meneror calon konsumen via telepon untuk menawarkan produk atau jasa yang dimiliki, sekarang ini dengan adanya layanan internet seseorang yang ingin membeli sesuatu bisa mencari informasi melalui media online.
Perubahan inilah yang membuat cara promosi jadul ini tak lagi efektif untuk dijalankan para pemilik bisnis toko online. Sebagai pebisnis online Anda harus lebih jeli untuk bisa mendatangkan calon konsumen, salah satunya saja dengan cara berbagi informasi dan pengetahuan kepada para konsumen agar mereka tak segan-segan mampir ke website bisnis toko online Anda.
Dengan memberikan apa yang dibutuhkan konsumen, baik itu berupa informasi produk, pengetahuan seputar bisnis yang Anda jalankan, atau bahkan tips dan trik tertentu yang banyak dicari calon konsumen, secara tidak langsung Anda sedang membangun loyalitas pengunjung yang suatu saat nanti bakal tertarik melakukan pembelian secara rutin setelah mereka mempercayai kualitas bisnis toko online Anda.
Contohnya saja bila Anda membangun bisnis jilbab online, maka Anda bisa memberikan tutorial gratis mengenai cara menggunakan jilbab cantik tanpa meninggalkan unsur syar’i, berbagi tips dan trik dalam memilih jenis kain yang nyaman untuk jilbab, cara mewarat jilbab agar tetap nyaman digunakan, dan lain sebagainya.
Melalui konten-konten inspiratif yang Anda berikan kepada para pengunjung website, tidak menutup kemungkinan bila semakin lama kepercayaan mereka terhadap toko online Anda akan semakin meningkat sehingga mereka tak segan-segan untuk melakukan transaksi pembelian di situs Anda dan tidak menutup kemungkinan bila pada akhirnya mereka turut membantu mempromosikan bisnis toko online Anda kepada orang-orang di sekitarnya.