
Bila
dulunya BlackBerry Messenger hanya menjadi bagian dari gaya hidup
masyarakat kalangan menengah ke atas mengingat perangkat ponsel
BlackBerry sendiri saat itu dijual di pasaran dengan kisaran harga yang
cukup tinggi, sekarang ini aplikasi messenger yang satu ini bisa
digunakan hampir seluruh lapisan masyarakat karena aplikasi BBM kini
hadir di
all platform seperti misalnya Android da iOS.
Setelah resmi dirilis ke iOS maupun Android pada tanggal 23 Oktober
2013 silam, setiap harinya jumlah pengguna BBM semakin hari menunjukkan
pertumbuhan yang sangat pesat. Bahkan di hari pertama BBM masuk ke
Google Play, sebanyak 60.000 pengguna memberikan bintang 5 pada aplikasi
messenger tersebut. Tidak heran bila sekarang ini BlackBerry Messenger
menjadi satu dari sekian banyak aplikasi chating yang digunakan pelaku
bisnis toko online untuk mempromosikan produk-produknya di dunia maya.
Melihat sampai hari ini jumlah pengguna BBM pertumbuhannya cukup
pesat, tak ada salahnya bila kita sebagai pelaku bisnis toko online
mulai memanfaatkan aplikasi BlackBerry Messenger untuk menjaring calon
konsumen sebanyak-banyaknya.
Simak beberapa tips jitu yang mengupas
cara menggunakan BBM untuk jualan online.
Hindari Penggunaan Display Name yang Alay
Sebagian besar orang mungkin suka membuat display name dengan
menggunakan simbol-simbol lucu atau menggunakan angka dan kata-kata alay
agar kontak BBMnya terlihat unik dan juga menarik. Namun sayangnya,
cara ini ternyata tak dianjurkan apabila kita menggunakan BBM untuk
mempromosikan bisnis toko online. Mengapa demikian?
Sebab, penulisan display name yang alay hanya akan mempersulit orang
lain untuk menemukan kontak BBM Anda. Jadi, sebaiknya usahakan untuk
membuat display name yang bisa memudahkan calon konsumen untuk menemukan
dan menghubungi kontak BBM Anda.
Contoh :
BisnisUKM.com| 081329612111|Pusat Peluang Usaha dan Jaringan Bisnis UMKM.
Bagikan Kontak Anda ke Calon Konsumen
Semakin banyak jumlah kontak yang ada di akun BBM Anda, maka semakin
besar pula peluang Anda untuk mendatangkan transaksi pembelian setiap
harinya. Oleh sebab itu, jangan sungkan untuk membagikan kontak BBM Anda
ke setiap calon konsumen untuk memperbesar peluang Anda mendapatkan
transaksi pembelian. Jangan lupa juga untuk menuliskan pin BBM Anda di
kartu nama, brosur, website toko online, Fan page Facebook,
Twitter, ataupun di situs sosial media lainnya yang digunakan untuk
mempromosikan bisnis toko online Anda. Makin sering Anda membagikan pin
BBM, maka semakin banyak pula kontak BBM yang bisa Anda miliki.
Rutin menganti display gambar
Mudahnya cara berkomunikasi via BlackBerry Messenger serta adanya
pemberitahuan di beranda BBM setiap kali Anda berganti gambar maupun
status BBM, membuat orang-orang yang ada di kontak Anda mengetahui info
terupdate mengenai bisnis toko online yang Anda jalankan. Oleh karena
itu, usahakan untuk rutin mengganti display gambar dengan foto produk
yang Anda miliki agar konsumen Anda juga terpancing untuk menanyakan
produk terbaru di toko Anda dan tidak menutup kemungkinan pula bila
akhirnya mereka tertarik untuk melakukan transaksi pembelian.
Broadcast di Saat Prime Time
Sebagai pelaku bisnis toko online, sesekali kita perlu mengirimkan
broadcast message kepada seluruh kontak yang Anda miliki untuk menginformasikan update terbaru mengenai bisnis toko online
Anda. Akan tetapi yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan
broadcast adalah buat konten yang menarik dan pilihlah waktu yang tepat
seperti pada waktu makan siang atau pada sore hari sekitar pukul 16.00
sd 18.00 dan saat santai di malam hari seperti pukul 20.00 – 22.00 WIB.
Buatlah Grup BBM
Untuk meningkatkan loyalitas para pelanggan, mulailah untuk membuat
grup BBM agar pelanggan Anda bisa mengetahui info terbaru mengenai
produk Anda. Dalam hal ini, Anda bisa membuat grup khusus untuk
mengumpulkan para reseller
maupun dropshipper yang bekerjasama dengan Anda. Dengan begitu, mereka
lebih mudah melihat koleksi produk Anda dan merasa istimewa karena tidak
semua kontak Anda masukkan ke grup BBM Anda.